Header Ads

Belanja Online

Tadinya, gw bukan orang yang demen belanja online, apalagi di marketplace. Kalaupun belanja jarak jauh, gw milih yang penjualnya udah gw kenal. Seringnya temen-temen gw sendiri, sih.

Alasan pertama, gw lebih mantap dengan reputasi penjualnya. Karena udah kenal wataknya, gw tahu seberapa jujur dia dalam mengiklankan produknya. Gw juga tahu seberapa amanah mereka dalam memberikan yang terbaik buat pelanggannya, betapa mereka gak akan pernah memberikan kualitas yang asal-asalan dalam bertransaksi.

Kedua, gw kan orangnya ribet, ya. Ada aja permintaan aneh-aneh: yang kirimnya ke dua tempat berbeda, yang masing-masing produk harus dengan ketentuan beda, dibungkusnya pakai cara tertentu, plin-plan milih ekspedisi yang paling murah vs paling cepat... belum lagi kalau beli baju, terutama, ukuran spesial karena perbandingan tinggi dan lebar gw yang gak proporsional, wkwkwk. Kalau belinya di sembarang orang, yang ada ntar gw masuk blacklist karena request macem-macem. Kalau sama temen sendiri, dia udah paham lah karakter gw. Kalaupun dia kesel, paling banter dikasih emoji ngambek, hahaha.

Trus juga, ketika gw memang sedang butuh dan temen gw jual, kenapa gak ngelarisi dagangan temen sendiri? Kan bisa jadi bentuk support juga buat mereka. Dan, gw yang pada dasarnya emang udah gak bisa nawar, sebisa mungkin gw gak pernah nawar atau minta diskonan (kecuali ada promo tertentu dari ekspedisinya). Lah, gimana mau support kalau lu minta potongan? Yang ada bikin rugi temen lu sendiri. Namanya harga temen, malah harusnya kasih lebih mahal gak sih? Emang pertemanan lu semurah itu?

Ngomong-ngomong, perkara harga temen ini, gw punya pengalaman unik nih. Jadi, ada satu temen gw, You-Know-Who (kalau udah sering kepo blog gw, pasti tau siapa, hoho). Dia lagi kasih promo produknya ke gw, dan gw malah gak enak sendiri dikasih diskonan, lalu gw transferlah sesuai harga aslinya. Eh, begitu paket datang, ada lebihannya!

Dongkol juga nih dalam hati, gw "dikalahin" sama dia, hahaha!

* * *

Tadinya, gw bukan orang yang demen belanja online, apalagi di marketplace. Aplikasi marketplace bawaan HP udah gw disable (karena gak bisa di-uninstall). Tapi akhirnya gw pasang salah satu aplikasi marketplace demi belanja di... temen gw juga! Haha, baliknya ke sono lagi.

Ya gimana, dia sendiri yang menyarankan. Demi ngirit ongkir, katanya.

Sejak punya aplikasi itu, gw sedikit lebih "terbuka" dalam belanja online. Kalau sebelumnya gw takut banget mau belanja online (takut ditipu atau apalah), gw udah beberapa kali belanja online yang bukan di temen gw. Gegara pandemi juga, sih. Lagi butuh sesuatu, tapi takut ke mana-mana.

Meski demikian, demi menjaga diri biar gak kalap, itu aplikasi tiap bulannya gw bongkar-pasang. Pasang cuma pas habis gajian, itu pun kalau barang yang pengin dibeli udah direncanakan dari jauh-jauh hari karena emang butuh. Begitu gw udah konfirmasi selesai, gw uninstall lagi deh.

* * *

Oya, kalau ada yang pengin cari referensi toko buat belanja beberapa barang, udah gw pasang highlight di Instagram ya. Judulnya highlight-nya "Endors Gratis". Hampir semua transaksi jual-beli gw ke temen-temen gw post di sana. Cuma satu yang belum masuk: produk baju, soalnya gw bingung gimana caranya "endors" dengan foto yang memadai. Maap ya...







2 comments:

  1. Samaan, Kak. Awalnya saya juga agak khawatir kalo belanja online, tapi akhirnya pake meski butuh waktu lebih lama buat cek-cek review dsb :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek-cek review aja kadang masih suuzhan, itu beneran review atau rekayasa :D

      Delete

Powered by Blogger.