Header Ads

Analisis Antarmuka Keyboard pada Lenovo Thinkpad

Lenovo ThinkPad merupakan salah satu produk yang sebetulnya menyasar pengguna dari kalangan industri UKM, salah satunya adalah staff IT. Meskipun demikian, secara umum, ThinkPad tak lebih dari sebuah netbook dengan processor ULV yang lebih hemat. Pada dasarnya pula, ThinkPad didesain untuk membantu kebutuhan kerja, sehingga cukup berat jika digunakan untuk menjalankan program hiburan yang sifatnya berat.


Lenovo ThinkPad

Dalam kesempatan ini, penulis akan membahas mengenai antarmuka keyboard yang didasarkan pada prinsip-prinsip utama dalam desain antarmuka.

Hal terbaik yang bisa dikatakan tentang keyboard ThinkPad adalah tombol yang relatif luas dibandingkan dengan laptop lainnya. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan, kenyamanan keyboard ThinkPad menempati peringkat kedua setelah keyboard Toshiba. Dari segi ukuran, tombol keyboard ThinkPad tidak jauh beda dengan laptop biasanya, akan tetapi desain permukaan yang sedikit cekung membuat tombol tersebut terasa luas bagi pengguna.

Dari segi penempatan tombol, ThinkPad merupakan salah satu laptop yang menempatkan tombol fungsi atau Function (Fn) secara terbalik. Maksudnya, Lenovo lebih menonjolkan sisi tombol function (Fn) dari pada deretan tombol F1, F2, F3, dan seterusnya. Sebagai contoh, jika sebelumnya pengguna harus menekan Fn+F3 untuk membesarkan volume, kini pengguna cukup menekan F3 saja (tanpa Fn). Di satu sisi, sebetulnya hal ini cukup menyulitkan pengguna yang terbiasa menggunakan shortcut dengan tombol F1-12. Akan tetapi, penempatan ini menguntungkan sebagian pengguna lain yang lebih sering menggunakan tombol-tombol menu aplikasi ini.

Fitur unik lain pada laptop Lenovo ThinkPad adalah pointer yang terdapat di tengah-tengah bagian keyboard.

Keyboard Lenovo ThinkPad

Pointer tersebut dapat digunakan sebagaimana fungsi mouse pada umumnya. Sebagai ganti tombol klik yang dimiliki mouse, Lenovo ThinkPad menyediakan tombol lain di atas touchpad.

Pointer merah di tengah keyboard (a)
dan tombol kliknya (b)

Menurut hemat penulis, sebetulnya cukup boros meletakkan dua jenis pointer dalam satu PC, karena tidak mungkin pengguna akan memakai kedua fitur ini dalam waktu yang bersamaan, apalagi dengan penempatan yang tidak jauh. Fitur yang cukup membedakan dengan touchpad adalah tombol klik bagian tengah, yang dapat digunakan sebagai scroll saat ditekan bersamaan dengan menggerakkan pointer merah.

Keunggulan lain adalah, pointer merah tersebut dapat digunakan ketika tangan pengguna dalam keadaan basah atau berminyak, yang biasanya tidak mungkin dilakukan dengan touchpad.

Salah satu kekurangan yang dimiliki keyboard ThinkPad adalah ketiadaan tombol berikut:



Tombol tersebut biasa digunakan ketika pengguna ingin menampilkan pilihan-pilihan (option) perlakuan khusus pada suatu item. Tombol tersebut biasanya memungkinkan pengguna menampilkan option tanpa harus menggunakan mouse. Pada Lenovo ThinkPad, tombol tersebut tidak ada, sehingga pengguna tidak bisa menggunakan shortcut tersebut, tetapi harus mengklik kanan mouse untuk bisa menampilkannya.

Secara keseluruhan, keyboard yang dimiliki Lenovo ThinkPad memiliki fitur-fitur yang tidak jauh berbeda dengan keyboard pada umumnya. Namun, beberapa fitur yang hanya dimiliki oleh Lenovo ThinkPad dapat membuat nyaman pengguna walaupun tetap memiliki kekurangan.

Referensi:

http://inet.detik.com/read/2010/02/11/175451/1297858/406/lenovo-thinkpad-edge-simpel-tipis-modis

13 comments:

  1. kalo yg di sebelah mousepad itu apa ya mas ?

    ReplyDelete
  2. terimakasih udah dibuat mudeng gan hehe

    ReplyDelete
  3. Lenovo Thinkpad apapun bentuknya (PC atau laptop) dirancang khusus untuk bisnis dan kerja, bukan untuk game & entertainment. Bukan cuma untuk UKM, yang high end pun ada.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. pendapat dan ulasan penulis mengenai thinkpad, sebagian menjadi keliru karena artikel referensinya membahas thinkpad edge, kemudian menuliskannya sebagai thinkpad (tanpa edge). penulis tidak salah, ini blundernya lenovo memberi nama thinkpad edge pada sebuah laptop biasa yang dikasih trackpoint agar mirip thinkpad. akibatnya ya begini, akan ada yang beranggapan bahwa semua thinkpad itu seperti thinkpad edge.

    Masuk ke pembahasan keyboard, function bisa dikembalikan dengan Fn Lock, F1-F12 nya jadi ngga perlu tekan Fn lagi.

    Setuju mengenai ketiadaan menu key di keyboard thinkpad 2013 ke atas, buat saya pun ini jadi kekurangan. saya sering pakai tombol itu karena jauh lebih praktis dibanding klik kanan. meskipun ada alternatiFnya dengan Shift + F10 tapi tetap saja lebih repot. Shift + F10 juga dilaporkan tidak support di beberapa software.

    kelemahan keyboard thinkpad satu lagi menurut saya adalah posisi Fn dan Ctrl yang terbalik dari laptop kebanyakan. Mungkin niatnya mempertahankan tradisi, tapi bagi pengguna baru dan yang sering menggunakan tombol Ctrl harus menyesuaikan kebiasaan, dan terus terang lebih nyaman kalau Ctrl berada di ujung. Ada opsi di BIOS untuk menukar fungsi tombol Fn dan Ctrl, tapi label di keyboardnya jadi beda dengan fungsinya, agak janggal.

    lenovo setengah-setengah membuat keyboard thinkpad. kalau mau mempertahankan tradisi, harusnya sekalian tidak usah mengganti keyboard 7 row khas thinkpad lama. kalau mau kekinian, ya tolong lah sekalian ditukar itu posisi Fn dan Ctrl.

    Soal trackpoint, betul jadi boros ada dua pointing device. Tapi laptop bisnis seperti thinkpad memang tidak dirancang untuk hemat, harganya dibanderol mahal semua. Lagipula trackpoint (dan trackpoint button) sekarang ini merupakan fasilitas yang sudah seperti menjadi keharusan di laptop bisnis, dan hanya ada di laptop kelas bisnis. contoh selain thinkpad: dell latitude dan HP elitebook. Pemakai juga lebih leluasa, untuk pemakaian yang lebih santai bisa pakai touchpad. Trackpoint enak dipakai untuk kerja dengan keyboard, efisien karena tangan ngga perlu pindah-pindah ke touchpad.

    ReplyDelete
  6. Saat ingin keluar dari suatu program (misal word), biasanya tinggal klik tanda X di sudut kanan atas. Kok di lenovo thinkpad tidak bisa ya.. dan untuk membuka program biasanya klik 2x..di lenovo thinkpad juga tidak mau.
    Apa ada yang tau caranya?

    ReplyDelete
  7. Punya saya tipe E430 kadang touchpadnya berfungsi kadang tidak gerak (contohnya saat akan membuka aplikasi di desktop sentuh 2x, atau saat close dari aplikasi biasanya klik tanda X disudut kanan atas) .. Touchpad sdh diupdate/setting masih tetap. Ada yang tau solusinya?

    ReplyDelete
  8. Laptop Lenovo thinkpad T410 saya dinyalakan hanya tombol starter nya yg warna kuning...alias laptopnya mati...tanda bulan sabit dibelakang dekat colokan/ soket x y..jg mati..gimana solusinya...

    ReplyDelete
  9. Laptop Lenovo thinkpad T410 saya dinyalakan hanya tombol starter nya yg warna kuning...alias laptopnya mati...tanda bulan sabit dibelakang dekat colokan/ soket x y..jg mati..gimana solusinya...

    ReplyDelete
  10. Laptop Lenovo thinkpad T410 saya kursor bergerak terus dan saat dipakai dengan charger tiba tiba mati g bisa dinyalakan hanya tombol power yang menyala kuning/ hijau kekuningan...kenapa y? Bisa kasih solusi?

    ReplyDelete
  11. Tolong bantuannya karena dalam kelas multimedia saya sangat membutuhkannya ...budget bli lagi g da..klo service kira kira habis berapa y bro?da kah solusi..tiap hari dikejar deadline pakai laptop

    ReplyDelete

Powered by Blogger.