Header Ads

Hari Tragedi Kucing

Udah dua hari ini dibuat nangis "darah" soal kucing. Kemarin, gara-gara pas lagi berangkat kerja, di tengah jalan (literally, bener-bener di bagian tengah jalan deket garis putih pembatas itu) gw lihat ada sesuatu lagi berkelojotan. Dari jauh gw kira itu tikus kelides kendaraan, tapi pas udah deket... Allahu Rabbi... itu kucing! Kucing yang selintas tampaknya berwarna putih, lagi menggelepar di situ, dan di sekitarnya tergenang darah seger banyaaaaak banget.

Mungkin saking shock-nya, gw cuma bisa nunjuk sambil menggumam, "Itu kucing...?" Dan nurani gw nggak berhasil menggerakkan fisik gw untuk minta puter balik (gw dibonceng pake motor) dan menolong kucing itu. Yang ada malah gw jadi bercucuran air mata sepanjang jalan, dan dalam hati berdoa sekenceng-kencengnya semoga ada manusia baik yang berkenan setidaknya menepikan kucing itu, kalau bisa malah juga merawat sampai sembuh. Seharian gw gak semangat kerja, cuma merutuki diri sendiri yang gak berbuat apa-apa, selain mencoba nge-track pakai Google Maps, kali aja bisa kelihatan posisi kucing itu biar gw bisa tahu dia masih ada di tempat yang sama atau udah ada yang mindah. Gw sampai mules-mules dan sakit kepala mikirin ini, sampe kepikiran buat ijin pulang lebih awal demi ngecek TKP (tapi siangnya ujan, dan gw pikir pulang saat itu pun gak bisa, dan genangan darah yang menandai lokasi kecelakaan tadi pasti udah keguyur hujan). Udah setres kali ya.

Gw tahu, yang bisa gw lakukan cuma doa semoga kucing itu segera tertangani, nggak lagi menderita kayak gitu. Tapi rasanya nggak tenang kalau gw nggak bisa memastikan hal itu. Seolah gw baru bisa lega kalau gw TAHU nasib kucing itu selanjutnya. 

Gw sering sih lihat bangkai tikus di tengah jalan habis kelindes kendaraan, tapi kalau dilihat dari kondisinya yang hancur gitu, kayaknya begitu kelindes udah langsung mati. Dan itu tikus, yang adalah hama. Tapi kucing.... Kucing itu termasuk binatang yang punya rasa! Binatang yang bisa diajak berkomunikasi sampai batas tertentu. Kalau memang harus mati, mungkin lebih baik kalau langsung mati aja, tanpa harus kelojotan dan tersiksa dulu.

Sampai rumah, gw langsung peluk kucing-kucing yang ada di rumah, cerita sambil nangis, nggak peduli kucing itu udah basah oleh air mata gw (padahal kucing gak suka basah, tapi toh mereka kayaknya nggak keganggu).

Nah, pagi ini, bapak gw ngobrol sama tukang bakso yang tinggal di belakang rumah soal prospek pemindahan kucing ke rumah sodaranya tukang bakso ini. Berhubung ada terlalu banyak kucing di rumah gw, sebagian harus diungsikan, dan biasanya yang diungsikan ini yang perempuan (bias gender banget gak sih, diusir hanya karena dia cewek!). Gw udah lumayan sedih, gegara kebersamaan yang udah terjalin 5 bulan lebih sama kucing yang dimaksud, bakal dipisahkan sebentar lagi. Dan kucing betina kali ini ada 2 ekor.

Tapi ternyata!

Seperti biasa, habis pulang kantor, gw sempetin diri menyapa satu per satu kucing yang ada (kecuali yang lagi berkelana ke luar wilayah rumah). Bertemu kucing, entah kenapa, membuat gw lebih fresh setelah bertemu manusia atau perangkat elektronik dan mesin.

Dari 5 kucing yang biasanya stand by di rumah, cuma 4 yang nyamperin malem ini. Gw pikir yang satu lagi, si Junior, lagi di bagian lain halaman rumah, atau lagi di atap, atau lagi main ke manalah.

Sama orang rumah gw ditanyain, kalo-kalo gue bisa ngegendong Jinny, kucing betina selain Junior. Gw bilang sih bisa-bisa aja, si Jinny juga selalu nurut kalo gue gendong. Katanya, tadi si Jinny gak mau dipegang buat diangkut Pak Tukang Bakso.

Dan gue berpikir, jangan-jangan si Junior...

Bener! Pak Tukang Bakso JADI bawa kucing gw itu pergi dari rumah!

Pantesan gw gak lihat dia malam ini. Padahal, setiap gw pulang kantor, Junior termasuk yang selalu siap nyambut gw dengan gigitan-gigitan kecilnya dan cakaran-cakarannya di rok gw. 

Gw nangis kejer lagi, kecewa banget kenapa dibawa pergi tanpa bilang-bilang dulu. At least, kalau bilang dulu kapan-nya kan gw bisa say goodbye dulu sama Junior. Setiap ada kucing yang mau pergi (kecuali atas kehendak si kucing sendiri untuk pergi), gw selalu menyempatkan diri membisikinya beberapa kalimat, such as kamu kucing baik, kucing yang hebat, thanks for being beside me, maaf karena nggak bisa merawat dengan baik. 

Gw peluk erat si Jinny sambil tersedu, sampai dia hampir tidur di pangkuan gw. Mungkin sampai terlelap, kalau saja si Emak nggak bikin keributan dengan memindahkan anaknya berumur 19 hari itu ke dekat gw, dan Kakak Louie nggak mampir dan memancing geraman dari para kucing lain. Gw tahu, gw hanya punya waktu kurang dari 24 jam sama Jinny, maka gw manfaatin kesempatan itu sepuasnya. Gw ingin ambil foto Jinny besok pagi-pagi (nyesel banget belum sempet foto Junior, dan dia jadi satu-satunyna kucing gw yang nggak ada fotonya).

Bye, Jin dan Jun kesayangan gw....


Pake foto ini aja, saking bapernya gw sampai gak kuat pasang foto kucing. Ini foto bulu burung yang dikasih efek spiral. Burungnya sendiri waktu itu jadi korban kejar-kejaran oleh para kucing, meninggalkan bulu-bulu di berbagai penjuru rumah untuk gw bersihkan (susah, tau, bersihin bulu!). 



NB. Gue ngerasa egois banget nangis bombay "cuma" gegara kucing, sementara hari ini ada akhwat meninggal, dan angin ribut di Banjarnegara menewaskan 1 orang.

4 comments:

  1. ngga seegois itu sih kl menurut gue, nyatanya mereka juga makhluk yg punya rasa you said..
    sabar yaa, didoain terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks for your caring, emaknya eleanors... :'(

      Delete

Powered by Blogger.