Header Ads

Style Baju Ala Gue

Nggak tahu kenapa juga, cuma gara-gara lihat jilbab yang dipakai buat wisuda, tiba-tiba kepengin nulis sesuatu dengan tema ini. Mungkin karena style pakaian gw yang aneh dibandingin orang lain dan selalu jadi bahan cercaan orang.

Udah lama sih gw pengin tampil beda waktu wisuda. Beda, maksudnya karena normalnya cewek-cewek pas wisudaan bakal dandan yang heboh, termasuk para akhwat! Ya walaupun hebohnya para akhwat paling gitu-gitu aja: kurleb menghias muka dan modifikasi jilbab bagian atas, sementara di balik toga, jilbab tetap menjulur menutup dada. Sementara non-akhwat, tahu sendirilah kayak apa. Dari sanggul, make up, sampai kain jarit. Dalam sambutannya waktu wisuda gw, Pak Rektor sampai nyindir dandanan para wisudawati yang dimulai sejak jam 3 pagi dan habis itu kalo tidur tengkurap demi menjaga dandanan.

Gw pernah bergumam ke salah seorang akhwat, intinya kalau gw pas wisuda, gw gak mau dandan macem-macem, apalagi sampai bikin jilbab yang diuntel-untel gitu. Dianya cuma berkata sinis, "Ya kalau dibolehin orang tuamu."

Pernah juga gw lihat foto seorang wisudawati, yang di balik toganya, model jilbab bagian atas biasa aja, kayak kalau pakai jilbab segi empat sehari-hari. Nggak dimodif jadi kembang-kembang atau gimana. Dandanan pun nggak yang menor gitu. Natural. Itu model kostum wisuda impian gw.

Dan pas tiba di hari H wisuda gw, setelah hari-hari sebelumnya riwa-riwi nyari jilbab yang cocok, kostum gw hampir mendekati harapan gw: gamis batik (karena gw gak bakal tahan pakai kebaya seharian), jilbab segi empat standar (bukan pasmina, atau bahkan segi empat yang ujungnya diiket di bagian atas belakang kepala), dan untuk muka cuma dipoles bedak (plus alasnya, dipaksa emak gw) dan lipstik.

Beruntung adik gw yang hobi dandan itu ada quiz di salah satu mata kuliah hari itu, padahal sebelumnya udah ngebet banget pengin dandanin gw.

Soal lipstik, gw masih menoleransi ini karena pernah denger kajian keakhwatan yang membahas ini, yang ustadzah-nya bilang lipstik masih dibolehkan dalam batas tertentu, selama nggak mencolok dan... apa lagi waktu itu lupa materinya. Lagipula, ini biar nggak terlalu mencolok aja di tengah wajah warna-warni itu, karena gw pernah diceritain akhwat fakultas sosial, bahwa pas dia gak pake lipstik, justru menarik perhatian karena dikira lagi sakit.

Tapi tahukah, buat orang yang nggak pernah pakai lipstik, cuma diolesin tipis gitu aja bibir gw rasanya udah kaku banget, gak bisa senyum, sampai waktu baris diledekin salah satu wisudawan, "Senyum, napa?" Belum lagi, gegara pakai lipstik, bibir gw habis itu pecah-pecah seharian!

Dalam hati: please, waktu nikah gw boleh gak tanpa lipstik?

Rasanya iri sama cowok-cowok yang kostumnya cuma celana hitam sama baju putih (disuruh pakai jas pun juga gak bakal kelitan di balik toga).

* * *

Gw emang sama sekali bukan cewek pedandan, sangat berkebalikan sama adik gw yang amat mementingkan tampilan fisik. Mungkin karena waktu kecil gw udah puas banget berdandan ria, sampe-sampe pakai crayon buat pemerah pipi dan eye shadow. Atau karena prinsip gw, dandan khusus buat suami gw nanti, walaupun jadinya malah gw berpakaian sekenanya. Mungkin juga karena saking malesnya, sehingga dalam berpakaian gw lebih mementingkan fungsi daripada estetika.

Fungsi utama pakaian kan sebagai penutup aurat, maka gw hampir gak peduli mau pakai apa. Ibaratnya, kalau harus pakai karung karena kain-kain pada bolong, gw pun nggak masalah. Seriusan, gw pernah berniat mau pakaiin plastik kresek ke kaki di suatu ketika gw dalam perjalanan dan gak bawa kaos kaki cadangan, sementara kondisi mulai hujan. Untungnya waktu kaos kaki udah basah-basahnya, masih memungkinkan buat perjalanan pulang sampai tempat tujuan, nggak jadi pakai kresek dah. Haha...

Pilihan berikutnya soal berpakaian adalah soal kenyamanan pas make. Maka setelan favorit gw adalah kaos, rok jins, dan jilbab kaos serut (model jadulnya Rabbani). Jangan dikira kalo make jins itu buat "gaul" atau gak syar'i, karena buat gw rok jins justru memenuhi standar ke-syar'i-an itu: tebel (nggak nerawang) dan lebar (jangan cari yang ketat lah ya), dan kaku (nggak gampang nggubet kayak rok yang berbahan licin).

Untuk atasan, gw suka yang panjang lengannya bisa menutupi telapak tangan gw, soalnya kalo harus bergelantungan dalam bis, nggak membuka aurat (gw jarang banget pake manset karena kayaknya tangan gw alergi sama bahan karet gitu, bikin gatel seharian). Supaya dalam kondisi normal gak keliatan kedodoran saking panjangnya, gw memilih yang ada penahan di bagian ujung. Kalau model resmi, ujungnya berkancing; kalau kaos, ujung berkaret.

Dan jilbab, entah sejak kapan gw lebih sering make jilbab kaos, bahkan untuk kuliah. Awal-awal kuliah dulu sih masih pake jilbab segi empat, kayak pas pakai seragam SMP-SMA, tapi kayaknya lama-lama ribet juga pake gitu. Paling-paling pas acara resmi aja gw pake segi empat, itu pun selalu sukses bikin gw kesulitan pas wudhu, dan akhirnya berantakan.

Oya, satu lagi style khas gw: sandal baim, yang karena berbahan karet jadi kalau basah cuma tinggal dilap, gak perlu jemur lama-lama, dan kekurangannya cuma satu: gaya geseknya berkurang kalo alasnya udah halus, jadi sering bikin kepleset. Selevel di bawahnya adalah sepatu kets gede, yang kekurangannya dua: sedikit ribet kalau mau pake (terutama pas talinya kurang kencang) dan kalau udah basah, susah keringnya.

Seinget gw, terakhir kali gw milih sepatu sandal yang rada feminin adalah waktu mau piknik SMP, yang alasnya mungkin sekitar 1-1,5 cm. Begitu masuk kuliah, gw pake sepatu pantofel cuma di acara-acara resmi yang diwajibkan pakai pantofel, misalnya PMB, kerja praktik, seminar, dan sidang. Pernah sih gw pakai pantofel karena sepatu kets lagi gak bisa dipakai, dan hasilnya gw terpelecok beberapa kali. Gw sering kelabakan kalau ada undangan buat kondangan, karena gak punya sepatu yang layak.

Next.

Soal estetika, entah kenapa gw gak pernah berhasil berpakaian dengan layak. Pakai pasmina, gagal. Apalagi yang modelnya dililit aneh-aneh sekitar leher dan kepala. Jilbab segi empat gw bermodel itu-itu melulu, sejak pertama kali gw belajar pakai jilbab segi empat sejak SMP. Bahkan, kalau akhwat lain masih oke pake jilbab paris karena dilapisi jilbab tebal di dalemnya, tiap gw mau dobelin jilbab pasti gak rapi. Yang lain dengan santainya pakai jilbab berbahan apa pun, gw baru bisa mendekati rapi kalau berbahan kaku kayak seragam sekolah.

Itu baru soal bentuk. Soal warna apalagi. Orang-orang kayaknya bagus-bagus aja kalau pake jilbab coklat, baju ijo, rok biru. Tapi begitu gw coba kombinasikan warna dikit aja, pasti dibilang gak match. Emak gw kalau ada baju motif, kadang menyarankan untuk memadupadankan dengan jilbab dari salah satu unsur warna di baju yang mungkin cuma seleret dan gak dominan di baju itu, tapi giliran gw mengikuti saran itu, dibilang warnanya nabrak.

Pada akhirnya, gw hampir selalu pakai baju berwarna sama. Baju biru, jilbab juga biru. Jilbab merah, trus cari baju merah. Polosan aja gitu. Kalaupun ada warna beda, paling banter item, putih, atau biru jins. Btw, toh baju gw warnanya itu-itu aja: item, putih, biru, merah (udah termasuk merah muda alias pink).

Oh, hampir lupa soal kaos kaki. Untuk bagian ini, gw cenderung sama sekali mengabaikan estetika, bahkan bisa senorak-noraknya. Bisa tau-tau gw pake kaos kaki oranye, padahal pakaian dari jilbab sampe rok warna biru. Karena merupakan barang kecil, pakaian satu ini paling sering gak konsisten, karena bisa jadi mendadak sebelah kaos kaki menjadi makhluk gaib. Ilang, ketlingsut. Atau sering bolong juga. Belum kalau kaos kaki coklat, bakal sering ketuker sama punya orang lain.

Sejujurnya gw juga agak risih pakai kaos kaki coklat, karena mirip warna kulit, yang bisa-bisa disangka itu kaki gw yang gak pake kaos kaki. Makanya gw lebih suka kaos kaki norak sekalian, biar seolah kayak teriak, "WOI, INI KAOS KAKI, BUKAN KULIT GW!" Sayangnya, kaos kaki warna-warni gini, begitu yang satu rusak atau ilang, pasangannya bakal menjanda selamanya. Kalau warna netral kayak item dan putih, gw bisa mix and match sesuka hati, dan tanpa ketelitian, gak bakal keliatan kalo keduanya bukan jodoh.

* * *

Udah gitu aja. Bingung finishing-nya gimana. Hahaha...

2 comments:

  1. hahahaha... lilaaa.. :V

    btw, congratz yaa.. ciyeehh udah ST aja nih, barakallah dek lil :*

    ReplyDelete
  2. Hehe, iya mb sus... tapi wisudanya udah april lalu sih, udah lama juga :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.