Header Ads

Seorang Guru IT


Saya terlahir dari keluarga pendidik. Eyang dari Ibu adalah guru SD semasa hidupnya, bahkan pernah menjadi kepala sekolah hingga pensiun. Bapak dan Ibu juga alumni Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Semarang, yang sekarang namanya berganti UNNES. Jadi sejak kecil, ketika ditanya profesi apa yang menjadi cita-cita saya, hanya ada satu gambaran profesi yang ada di bayangan saya: seorang pendidik, apa pun bidang yang saya ambil ke depan.

Kenapa saya katakan pendidik, bukan pengajar? Sebab saya rasa, pengajar hanya menjalankan perannya sebagai seorang pentransfer ilmu di bidangnya. Sementara pendidik tidak hanya mentransfer ilmu, tetapi juga mampu mengajarkan kepada anak didiknya untuk menerapkan etika dan moral kehidupan, secara khusus dalam bidang yang dia ajarkan.

Begitu pula dengan saya. Saat ini saya melanjutkan pendidikan di Program Studi Sistem Komputer UNDIP. Meski banyak mimpi saya di bidang ini, salah satunya adalah menjadi owner perusahaan komputer, tapi keinginan menjadi pendidik itu masih bertahan dalam diri saya. Kalau digabungkan, tidak mustahil, bukan, jika saya memiliki sebuah perusahaan komputer tapi masih meluangkan waktu untuk menyalurkan kesenangan, berbagi ilmu dengan orang lain?

Mengutip dari blog seorang mahasiswa Pendidikan Ilkom UPI (http://yogapw.wordpress.com/2009/04/19/indikator-kompetensi-guru-tik/), sebagai seorang guru, saya harus selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang berwibawa, memiliki akhlak mulia sehingga menjadi teladan bagi para siswa, dan menerapkan kode etik profesi guru dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara, dengan bidang keahlian saya sebagai seorang guru IT, saya harus mampu menguasai semua materi berkaitan dengan bidang saya, dan mampu mengomunikasikan maksud saya dengan baik. Tidak lucu, bukan, jika saya luar biasa di bidang IT, mampu menembus pasar internasional, tetapi tidak bisa menyampaikan apa yang saya ketahui kepada murid-murid saya?

Masih mengutip blog tadi, di sana juga disebutkan skill yang harus saya miliki untuk bisa terjun ke bidang ini. Ada 2 skill, yaitu adaptif dan produktif.

A. Adaptif (Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi)

1. Memiliki sikap (etika dan moral) dan Kesehatan serta Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
  • Mengidentifikasi aturan-aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat lunak TIK.
  • Mengidentifikasi syarat-syarat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat TIK.
  • Memahami ketentuan penggunaan TIK
  • Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak TIK
  • Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK.


2. Menguasai konsep dasar perangkat keras dan perangkat lunak.
  • Mengidentifikasi perkembangan perangkat keras dan lunak.
  • Mengidentifikasi alat input, alat pemroses dan alat output dari komputer.
  • Mampu memasang/mengganti komponen Personal Computer (PC): hardisk, memori, soundcard, dll.
  • Mengidentifikasi sistem operasi dari komputer.
  • Melakukan operasi dasar komputer dengan menggunakan salah satu sistem operasi.
  • Melakukan manajemen file.
  • Melakukan setting periferal.
  • Mengidentifikasi aplikasi perangkat lunak.


3. Menguasai program pengolah kata.
  • Mengidentifikasi anatomi dan fungsi perangkat lunak pengolah kata.
  • Membuat dokumen baru dengan menggunakan program pengolah kata.
  • Mampu mengedit, mengelola dan mencetak dokumen.
  • Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata.
  • Membuat dokumen dengan melibatkan tabel, gambar, dan diagram.
  • Membuat Object Linking and Embedding
  • Membuat karya-karya menggunakan program pengolah kata


4. Menguasai program lembar kerja atau spread sheet.
  • Mengidentifikasi perangkat lunak lembar kerja beserta fungsi ikon dan menunya
  • Membuat lembar kerja dengan menggunakan program lembar kerja
  • Mampu mengedit, mengelola dan mencetak lembar kerja
  • Membuat lembar kerja dengan melibatkan formula, grafik, dan gambar
  • Menggabungkan karya lembar kerja dengan dokumen program pengolah kata
  • Mampu menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
  • Mampu menganalisis pengambilan keputusan dengan perangkat lunak lembar kerja.


5. Menguasai program pengolah presentasi.
  • Mengidentifikasi anatomi dan fungsi perangkat lunak presentasi.
  • Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi.
  • Membuat bahan presentasi.
  • Mampu mengedit, mengelola dan mencetak dokumen presentasi
  • Membuat animasi dalam presentasi.
  • Mampu memperindah presentasi.
  • Membuat karya menggunakan program presentasi


6. Menguasai program pengolah database.
  • Mengidentifikasi prinsip dasar database.
  • Mengidentifikasi pemeliharaan database.
  • Mengidentifikasi tabel yang meliputi perancangan, Properties, View dan Wizard.
  • Mengidentifikasi Form yang meliputi perancangan, Properties dan Wizard.
  • Mengidentifikasi queri yang meliputi perancangan, operator, parameter dan fungsi yang terdapat dalam queri.
  • Mengidentifikasi Report yang meliputi perancangan dan modifikasi.
  • Membuat karya menggunakan program untuk membuat database.


7. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi.
  • Mengenal perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet.
  • Mengidentifikasi web browser.
  • Memahami perintah dasar web browser.
  • Memahami penamaan alamat internet (URL), alamat surat (e-mail) dan aturan penulisan alamat di internet.
  • Membuat surat elektronik (e-mail).
  • Membuat Mailing List.
  • Menggunakan internet untuk memperoleh dan mencari informasi.
  • Menggunakan internet untuk berkomunikasi langsung.



B. Produktif (Keahlian)

1. Kompetensi Keahlian Multimedia (Menggunakan paket-paket program grafis dan multimedia)
  • Mengidentifikasi anatomi program membuat grafis
  • Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis.
  • Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran.
  • Melakukan entry data (grafis) dengan menggunakan image scanner.
  • Mengoperasikan software pengolah gambar vektor (digital illustration) dan gambar raster (digital imaging).
  • Mengoperasikan periferal web.
  • Melakukan entry data (web) dengan menggunakan image scanner.
  • Mengoperasikan software web design, 2D animation dan FTP.
  • Mengoperasikan periferal multimedia presentasi
  • Melakukan entry data (multimedia) dengan menggunakan image scanner.
  • Mengoperasikan software multimedia dan presentasi.
  • Mengoperasikan periferal animasi 3D
  • Mengoperasikan animasi 3 dimensi.
  • Mengoperasikan perangkat lunak multimedia.
  • Mengoperasikan periferal perekam suara.
  • Mengoperasikan periferal perekam gambar.
  • Mengoperasikan perangkat lunak penyunting audio.
  • Mengoperasikan perangkat lunak penyunting video.
  • Mengoperasikan perangkat lunak efek visual.
  • Menguasai image video and audio acquisition.
  • Mengedit dan memanipulasi image, video, dan audio.
  • Menerapkan program grafis dan multimedia untuk presentasi grafis.


2. Kompetensi Keahlian RPL (Mengenal bahasa pemrograman dan Rekayasa Perangkat Lunak)
  • Mengidentifikasi diagram alur dan algoritma pemrograman.
  • Mengidentifikasi perintah dasar dan menu suatu bahasa pemrograman.
  • Mengidentifikasi Tipe, Nama dan Nilai
  • Mengidentifikasi runtunan.
  • Membuat program dengan pemilihan.
  • Membuat program dengan perulangan.
  • Membuat program dengan prosedur/fungsi.
  • Membuat program dengan larik.
  • Menyiapkan dan melakukan survey untuk menentukan kebutuhan data.
  • Mengoperasikan software bahasa pemograman level 1.
  • Konversi data level 1.
  • Menguji program level 1.
  • Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer berbasis teks.
  • Melakukan perancangan pengumpulan data
  • Melakukan desain dan perancangan software.
  • Melakukan pengkodean program.
  • Melakukan back up basis data.
  • Melakukan restore basis data.
  • Mengoperasikan software aplikasi basis data.
  • Membuat query data.
  • Menguji dan memperbaiki kesalahan program.
  • Membangun interface dengan bahasa pemograman berorientasi objek.
  • Mengoperasikan bahasa pemograman berbasis web.
  • Membangun program aplikasi remote data interaktif.


3. Kompetensi Keahlian TKJ (Menggunakan jaringan lokal (LAN) dan non lokal (WAN) untuk keperluan informasi dan komunikasi)
  • Memahami prinsip-prinsip komunikasi data.
  • Mengenal dan memahami piranti jaringan.
  • Memahami topologi dan hirarki jaringan.
  • Memahami multi user acces.
  • Memahami media transmisi (kabel dan nirkabel)
  • Mengoperasikan PC dalam suatu jaringan.
  • Menginstalasi PC.
  • Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal.
  • Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang sistem PC.
  • Melakukan perbaikan peripheral.
  • Melakukan perawatan PC.
  • Melakukan perawatan peripheral.
  • Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface).
  • Menginstalasi sistem operasi berbasis text.
  • Menginstalasi software.
  • Mem-Back-Up dan Me-Restore software
  • Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network).
  • Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan.
  • Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan.
  • Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface).
  • Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text.
  • Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network).
  • Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network).
  • Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang.
  • Memilih aplikasi untuk server


Memang banyak sekali kompetensi dan skill yang harus saya miliki berkaitan dengan ini. Terlebih lagi, IT adalah bidang yang terus berkembang dengan cepat. Sedikit saja tidak mengikuti, maka akan tertinggal sangat jauh.

Jadi, saya harus bisa menguasai semua bidang itu, untuk bisa mendidik siswa saya, sehingga mereka dapat memanfaatkan teknologi informasi ini sesuai dengan etika yang berlaku di masyarakat.

No comments

Powered by Blogger.