Header Ads

Apa Manfaatku bagimu?


Beberapa waktu belakangan ini, gw sering galau dengan hidup yang sepertinya gini-gini aja. Bangun pagi, subuhan, berangkat ke kantor, kerja sampai sore, di rumah cuma scrolling HP di kasur dan bangkit cuma buat shalat dan ke kamar mandi. Bahkan makan juga di kasur. Selain itu, aktivitas lain gw cuma ngaji pekanan. Kalau ada ungkapan, "Hidup ini hanya selingan untuk menunggu waktu shalat," literally pas banget dengan kegiatan sehari-hari gw. 

Saat kelaperan pun, yang ada di pikiran gw adalah gw harus makan cukup biar kuat kerja. Trus kerja buat apa? Ya buat dapetin duit biar bisa makan. Muter gitu aja terus sampai kaleng rengginang diisi biskuit M*nde.

Maka pertanyaan pentingnya adalah: gw ini hidup ada gunanya gak sih?

Buat diri sendiri aja, gw ngerasa unfaedah, apalagi buat orang lain? Kayak cuma seonggok gumpalan tanah yang bisa gerak (tapi males gerak) buat menuh-menuhin bumi yang udah sesak ini. Padahal sabda Nabi, "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (lainnya)."

Kemudian gw beranikan diri bikin question di Instagram story, "Apa manfaatku bagimu?"

Nggak terlalu banyak, sih, yang jawab. Entah karena nggak terlalu suka merespon sticker, atau biasanya jarang berinteraksi dengan gw, atau emang nggak banyak orang yang merasa gw ada gunanya buat mereka. 

Sedikit jawaban yang masuk dikirim temen-temen yang sering interaksi dengan gw, baik di masa lalu atau sekarang pun masih via medsos. Real function of socmed: mendekatkan yang jauh, karena gw emang nggak banyak ketemu orang di dunia nyata, dan temen-temen deket gw lokasinya jauh. Padahal menurut separo dari mereka, manfaat terbesar gw bagi mereka adalah pijetannya! Sedangkan mijit butuh kehadiran fisik langsung. Paradoks, eh?

Apa pun itu, gw bersyukur kalo Allah masih izinkan gw memberikan manfaat bagi kalian, dan kalian pun masih merasakan sedikit manfaat dengan eksistensi gw. Malah rasanya gw pengin bilang, "Kalian bebas manfaatin aku, lho." Sayangnya, diksi "manfaatin" itu konotasinya negatif, euy. Padahal mah gw seneng aja kalo gw ada manfaatnya.

Anyway, tak lama setelah bikin IG stories itu, gw baru sadar kalo ini udah akhir tahun, yang biasanya jadi momen buat kontemplasi dan bikin resolusi. Ya semoga tulisan ini bisa jadi ajang muhasabah, nggak cuma refleksi setahun tapi juga seumur hidup ke belakang, supaya kalau masih dikasih waktu hidup lagi, kita bisa jadi manusia terbaik sesuai definisi Rasulullah di atas.

Sedangkan soal resolusi... gw masih setia dengan 1920 x 1080 sih, selama ada kuota. Haha...









No comments

Powered by Blogger.