Header Ads

Kacamata dan Smartphone (2)

Hai, kembali lagi di tulisan paling gak penting dalam 4 bulan terakhir ini. Tapi gue ngerasa perlu menuliskannya, khususnya bagian dua ini, yang idenya udah beberapa tahun lalu mengendap sampe ampasnya kering.

Tulisan kali ini membahas tentang smartphone. Sebelumnya biar gue jelaskan dulu perkenalan dan kebersamaan gue dengan teknologi bernama telepon.

Gue kenal telepon mungkin udah sejak batita, tapi kebanyakan ortu gue menggunakan telepon dari kantor Telkom deket rumah. Gak tau juga siapa yang ditelpon, mengingat waktu itu telepon termasuk barang mendekati mewah. Mendekati, karena pas gue TK, rumah gue udah dipasangi telepon. Waktu itu gue sama mbak-mbak yang rewang di rumah sering iseng nelponin acara TV, tapi malah dimatiin begitu nyambung. Beranjak SD, telepon berguna banget buat gue nanya PR, jadwal tes, atau setidaknya, dalam kasus ada acara keesokan harinya, nanya besok acaranya jam berapa.

Barang bernama handphone, cellphone, mobilephone, atau terserah gimana kalian nyebutnya, barulah bisa disebut barang mewah pada waktu itu. Barang yang cuma bisa gue lihat di tipi-tipi, dan kagum sendiri waktu nonton sinetron, salah seorang tokohnya menerima telepon dari kawannya, di layar HP itu tertulis nama si penelpon. Otak bocah kelas 3 SD ini belum bisa menerima, gimana caranya si HP tahu siapa yang nelpon.

Di akhir-akhir masa SD, ibu gue mulai beli HP model jadul yang masih bisa buat ngelempar maling. Gue mulai bisa menerima kelaziman HP ketika mendapati guru-guru gue di SMP udah pada pegang HP. Pada saat yang sama bapak gue juga udah punya HP yang ada game Archanoid-nya, dan HP "pelempar maling" ibu gue udah ganti jadi Siemens A50. Yang bikin gue kepengin punya HP waktu itu gara-gara baca tulisan anaknya entah HTR atau Asma Nadia, yang bilang dia sering pinjem HP ibunya buat nulis waktu dapet ide, dan waktu itu gue lagi seneng-senengnya nulis.

Gambar hasil googling
(HP gw sendiri, meski sempat gw pakai waktu kuliah,
sekarang udah entah di mana)
Keinginan gue terkabul waktu kelas 2 SMP. HP Siemens A50 itu diwarisin buat gue, mungkin biar gue bisa dihubungi kalau ada apa-apa (padahal sampai saat itu gue nyaris gak pernah keluar rumah sendiri selain ke sekolah, buat jalan-jalan ke Luwes aja harus melalui serangkaian interogasi sebelum diizinin). Tak dinyana, setelah itu malah keluar aturan sekolah yang melarang siswa bawa HP. Gue pun bawa HP diam-diam, bisa dibilang nyaris gak dipakai. Soalnya (dan sampai sekarang gue susah mengingat-ingat), sama siapa aja sih gue telpon/SMS-an waktu itu? Kenalan gue kan cuma temen SMP yang jumlah total dari ketiga angkatan gak sampai 40, dan gue lebih deket sama guru dibanding temen-temen, menghubungi guru juga paling banter buat nanya tugas, sama temen SD juga jarang kontak. Oh, lingkungan gue di luar itu juga cuma temen les di LIA, yang pada akhirnya hampir gak pernah gue hubungin karena gak ada keperluan mendesak.

Tapi mungkin aturan itu keluar bukan cuma gara-gara gue, banyak juga kok yang bawa HP dan ketahuan SMS-an "gak penting" sama lawan jenis. Untuk gambar-gambar yang aneh-aneh gue sih yakin gak ada yang nyimpen, soalnya HP-nya masih cuma bisa buat telepon, SMS, nge-game. Dan di mana-mana, maling lebih pinter dari polisi: ada aja ide tempat persembuyian HP waktu ada razia.

Di SMA, gue mendapati bahwa hampir seluruh siswanya udah pegang HP. HP Siemens doraemon gue mungkin termasuk HP paling jelek dibandingkan temen-temen, yang udah bisa nyimpen multimedia dan berkamera. Di masa ini gue juga beberapa kali ganti HP, bukan apa-apa, tapi gara-gara ortu gue beli HP model baru dan gue dilungsuri HP yang lama. Tapi baru kelas 3 gue punya HP berkamera, dan internet yang cuma gue pake Facebook-an. HP itu pulalah yang bertahan sampai satu tahun kuliah.

Hingga saat itu, fungsi HP buat gue masih fungsi dasar, sebagai alat komunikasi, dalam hal ini telepon dan SMS. Jadi belum terlalu tergoda dengan HP temen-temen yang udah canggih-canggih.

Gaptek, bisa jadi itu yang bakal kalian sematkan buat gue. Apalagi didukung kondisi gue yang menjadi satu-satunya penghuni wisma yang baru punya laptop di semester kedua, padahal gue satu dari dua penghuninya yang berasal dari jurusan SISTEM KOMPUTER. Gue masih enjoy aja harus ke warnet untuk ngerjain tugas, atau pulang dulu ke rumah yang komputernya udah terhubung internet. Jadi secara umum, dapat disimpulkan bahwa gue gak terlalu ngebet dengan teknologi kalau belum ada manfaat langsungnya buat gue.

Lanjut tentang HP. HP Sony Ericson K320 yang gue pertahankan tanpa mau diganti sejak jaman SMA pun pada akhirnya harus gue ikhlaskan. Udah satu semesteran stick-nya gak bisa digerakkan, sampai patah karena gue paksa mengendalikan kursor, membuat gue terpaksa pakai angka untuk navigasi. Gue menunda beli HP baru karena gue merasa nyaman dengan fiturnya, dan belum nemu seri yang sama yang bisa gue pakai. Gue terpaksa ganti lantaran layarnya udah gak mau nyala.

Ortu gue beliin HP dengan keypad QWERTY. As you know, itu HP pertama gue yang beli baru, bukan second maupun lungsuran. Tapi tak bertahan lama, beberapa waktu setelah dipakai, si HP rusak. Gue kasih ke temen gue buat diservis, tapi sampai tulisan ini dibuat (mungkin ada 3 tahun), si HP belum balik ke tangan gue! Gue pernah minta sekitar sebulan setelah masuk, tapi katanya belum disentuh. Gregetan, ortu gue ngajak beli HP, dan mengingat fungsi HP buat gue, gue pun beli HP Samsung yang di bawah 200 ribu, yang kata orang modelnya keluaran baru, tapi bentuknya masih mirip HP jadul yang cuma bisa buat telepon dan SMS. See what I mean?

Gue sih enjoy aja pakai HP kayak gitu. Ketika temen-temen gue pengguna Android dan BlackBerry harus bawa powerbank ke mana-mana kalau mau HP-nya always on, baterai HP gue bisa bertahan 5-7 hari tanpa perlu diisi ulang. Waktu KKL ke Bali-Lombok, temen-temen gue rebutan colokan buat menuhin persediaan baterai HP aja, sedangkan HP gue masih bisa hidup hingga tiba di rumah dengan selamat meski gue sama sekali gak bawa charger-nya.

Keunggulan lain, itu HP juga tahan banting, dalam arti harfiah. Tau sendiri gue orangnya srudak-sruduk, HP lagi di meja kesenggol. HP jatuh gara-gara gue lupa dia lagi di pangkuan, atau karena gue kurang dalem masukinnya ke kantong. Pernah juga jatuh waktu gue lagi cuci piring, tapi gue keringkan bentar aja udah bisa nyala lagi.

Betapa menyenangkannya hidup tanpa deringan/getaran HP tiap menit, tanpa khawatir HP bakal rusak/hilang, tanpa khawatir berada di lingkungan tanpa listrik selama seminggu.

Tapi sepertinya orang lain memilih memanfaatkan teknologi daripada menikmati hidup alami tanpa teknologi. Yang kadang memaksa orang lain menggunakan teknologi serupa untuk menghubungi mereka.

Sampai setengah tahun di KAMMDA, gue gak merasa asing di sekitar orang-orang yang update info dengan smartphone-nya. Selama masih di-SMS tentang kegiatan yang berlangsung, gue gak merasa ketinggalan berita. Tapi ternyata beberapa rekan mengaku mengabaikan pesan SMS yang masuk, katanya karena di SMS kebanyakan "jarkom", jadi males buka. Segala macam diskusi tentang kerjaan juga dilakukan via WA. Gue masih bisa menyiasati itu dengan smartphone ibu gue, pinjem fasilitas WA-nya untuk koordinasi kalau lagi di rumah. Tapi kalau gue udah keluar rumah, segala info tentang perubahan waktu, tempat, bahkan agenda kadang lewat dari HP gue.

Gue sebetulnya masih bisa tahan. Ibu gue yang gak.

Tahu sendiri lah, kalau udah ada grup WA, hanya ada 2 opsi: grup sangat ramai, dengan penghuninya yang mengirim sesuatu hampir tiap saat; atau grup yang sangat sepi, yang ditinggalkan penghuninya karena isinya yang cuma "jarkom". Kebanyakan grup yang gue ikutin pakai smartphone ibu gue (padahal cuma grup di KAMMDA), ramenya minta ampun, sampai ibu gue terganggu dengan smartphone yang selalu bergetar. Bahkan meski udah gue mute, tapi notifikasi tetap muncul.

Ibu gue menyarankan gue beli smartphone baru, biar gue gak perlu minjem smartphone-nya tiap beberapa waktu sekali. Khusus untuk tujuan itu, gue juga pengin sih punya smartphone, cuma gue gak enak kalau pakai duit ortu, sedangkan tabungan gue... well, don't ever ask! Gue berusaha meyakinkan kalau gue masih bisa bertahan pakai HP kayak gini, tapi sekali lagi ibu gue yang gak mau terganggu. Dengan sedikit terpaksa gue terima duit cash, dan gue dipersilakan beli sendiri sesuai keinginan.

Waktu beli, masnya nawarin 3 warna: item, putih, biru.
Buat yang biru, harga nambah sekitar 50-100 ribu.
Udah gue sanggupin, ternyata stoknya kosong.
Ngapain ditawarin kalo gitu, Mas? -___-
Berhubung tujuan gue punya HP yang penting bisa dipakai komunikasi, gue ikutin dah rekomendasi adik gue buat beli Zenfone 4. Meski beberapa orang meremehkan kualitasnya, gue gak nyesel tuh selama masih bisa dipakai komunikasi.

Dan berhubung tujuan gue punya smartphone cuma biar bisa update info di KAMMDA, satu-satunya aplikasi ngobrol yang gue download cuma WA, dan grup-grup KAMMDA jugalah yang gue masuki pertama kali. Tapi kemudian beberapa komunitas lain memasukkan gue ke grupnya, dan gue memaksa diri untuk membatasi penggunaan WA ini khusus berkaitan dengan amanah dan agenda tarbawi. Sebisa mungkin gue hindari komunikasi tentang kuliah atau ngobrol santai via WA, kecuali dalam tiga kondisi: memaksa orang udah buka pesan gue, lagi gak ada pulsa padahal butuh komunikasi mendadak, dan kepada kurang dari 5 temen terdekat gue atau penghubung sendiri yang menghubungi gue duluan.

Di luar itu, gue sengaja gak mau menyebarluaskan kepemilikan WA gue, takut gue malah melototin WA melulu. Punya WA emang melenakan, orang bisa ngajak ngobrol sewaktu-waktu, mentang-mentang gratis. Kalau lewat SMS, karena mahal, setidaknya bisa mikir-mikir dulu urgensinya kalau mau menghubungi.

Tapi, di atas semua itu, gue inget komitmen awal gue dengan keberadaan smartphone ini. Dulu gue pernah iri sama orang-orang yang bisa ngaji di mana-mana tanpa terlihat "aneh" karena bawa mushaf (oke, ini mungkin evaluasi buat kita, malu menunjukkan aktivitas satu ini di hadapan orang banyak, padahal orang lain sendiri cukup menghargai kita kalau lagi ngaji, misal dengan mematikan musik yang lagi diputer). Selain itu, ribet juga kalau bawa mushaf dan laptop sekaligus, karena gue gak bisa bawa tas ke dalam toilet, sementara gue juga pernah kehilangan laptop karena tas yang juga berisi mushaf itu gue tinggal di luar (meski waktu itu sama sekali gak terlihat ada orang). Maka sebelum masuk ke grup mana pun, atau install aplikasi apa pun, yang pertama kali gue download adalah Al Qur'an digital.

Selain aktivitas grup WA yang nyaris tiada henti, hal lain yang mengganggu dari smartphone adalah masa hidup baterainya yang supersingkat. Tanpa digunakan, baterai cuma bertahan hidup 12 jam. Padahal kalau di luar ruangan, brightness minimal 50%, belum penggunaannya... Untuk mempertahankan nyalanya, diperlukan powerbank. Belum buat ngatur paketan biar bisa internetan (karena WA gratis pun sumbernya dari internet). Argh, buat apa sih punya ponsel canggih kalau malah bikin ribet?

Gue merindukan masa-masa dulu, ketika belum terganggu teknologi secanggih ini. Bukannya nggak bersyukur, tapi ada hal-hal yang hilang karenanya. Ketenangan, nomor satu. Lepas dari kecanduan, nomor dua.

No comments

Powered by Blogger.