Header Ads

Mimpi

Kali ini gw pengin nulis random aja sih, soalnya belum nemu bahan "berat" buat nulis lagi. Dan sekarang gw mau cerita tentang yang namanya mimpi.

Teori ilmiahnya, si Emak ngutip dari Sigmund Freud katanya, bahwa mimpi itu representasi pemikiran kita sewaktu terjaga, baik kita sadari maupun enggak. Ide-ide yang mungkin justru akan bikin kita gila kalau bisa kita ungkapkan dalam alam sadar kita. That's why, mimpi itu seringnya aneh-aneh. (Btw, ini terlepas dari mimpi yang aslinya gangguan jin atau petunjuk Allah, yak!) Misalnya ngimpi ketemu orang trus orang itu tau-tau kebakar pas ngeliat kita, bisa jadi gegara kita sebel banget sama orang itu.

Representasi via mimpi ternyata juga nyatuin berbagai ide itu, sehingga pas kita udah bangun, kita baru nyadar kalo alurnya gak logis. Kita lagi ngapain di suatu tempat, tau-tau kita udah di mana ngerjain apa.

Gw pernah ngimpi lagi ada kegiatan apa bareng temen2 yg gw gak yakin di dunia nyata mereka pernah saling kenal apa gak (misal temen TK gw lagi asyik ngobrol sama temen wajihah gw), tp tau2 tempat kegiatan itu berdesain interior kayak rumah gw, dan pas noleh, yg gw temuin adalah sodara gw.

Sering juga kalo tiap ada kegiatan, entah pra atau pasca, kegiatan itu kebawa ngimpi. Kalo mimpinya pra-acara, biasanya berupa gw telat dateng ke acara itu, yg gw rasain riil dalam mimpi, dan bangun2 gw nyaris minta maaf ke temen2 yg udah nungguin. Kalo mimpi pasca-agenda, lebih sering mengulang kejadian siangnya dengan efek dramatisasi berlebihan.

Saking bervariasinya mimpi gw, gak sekali-dua gw kepikiran bikin yg namanya buku harian mimpi (kayak tugasnya Profesor Trelawney yg bikin Harry dan Ron akhirnya ngarang bebas). Kadang alurnya yg unik bisa jadi ide buat novel. Tapi seringnya begitu bangun dan inget2 detailnya malah jadi gak inget. Semakin diinget, semakin gak inget.

Yang jelas sih, sejak gw kecil, kebiasaan gw adalah bakal ngimpi buruk kalo sebelum bobok gak baca doa dulu. Kalo udah baca doa? Tergantung seberapa "niat" gw pas baca doa, baru bisa menghasilkan mimpi indah. Seringnya sih gak indah2 banget, bahkan cenderung embarassing.

Contohnya nih, mimpi 2 malam lalu, yg bikin gw gregetan pengin nulisin random ini. Gw ada satu acara (kayaknya ngimpi gw acara mulu yak?), dan gw tiba2 dikenakan suatu perlakuan yang harusnya bikin gw seneng kalo dilakukan oleh orang yg tepat, tapi sayangnya tokoh dlm mimpi itu bener2 gak kebayang dlm mimpi gw paling gila sekalipun buat ngelakuin itu. Udah cukup memalukan untuk gw pikirin sendiri, tanpa harus gw ceritain detailnya. Cukup memalukan sampai2 gw harus bikin kode macam gini biar sedikit plong udah sharing ke seseorang (a.k.a. this blog readers).

Oke, ngimpi yg non-acara. Gw jalan bareng temen2 gw yg udah lama gak ketemu sampe berdarah2 nih ati saking kangennya. Besok2nya, gw ngimpi salah satu temen itu gak pernah komunikasi lg sm gw, walaupun kadang masih ngobrol via HP, tau2 ketemu udah nikah, dan sengaja nyembunyiin nikahnya. Gw merasa tersisih berhari2 di dunia nyata gara2 itu. Haha...

Ngomong2 soal nikah nih, gw pernah sharing sama seorang temen, yg ternyata dia jg ngalamin hal yg sama kayak gw. Kalo ngimpi ttg nikah, kita sendiri yg nikah, pasti gak pernah keliatan tuh muka si pengantin laki2nya. Bener2 gaib. Dan gak pernah tiba di momen ijab kabulnya; entah itu baru mau nikah trus bangun, atau udah dlm bentuk rumah tangga. Apakah akad nikah sesakral itu, yg jangankan kalo main2 pun udah berlaku tuh mitsaqan glalidza, tapi bahkan dlm mimpi pun gak diperbolehkan?

Oke, menutup tulisan gaje ini, gw mau cerita aja salah dua ngimpi gw versi pra-acara dan pasca-acara yg terjadi 2 malam berurut2.

Ceritanya, waktu gw semester 3 dan jadi panitia pemira fakultas, malem hari setelah pemira gw ngimpi ngitungin surat suara. Keesokan malamnya, gw berangkat DM2 ke Bogor (riil) dan transit di rumah salah satu temen DM2 ini. Gw istirahat pagi di sana, krn baru nyampe Jakarta di sepertiga malam terakhir. Gw ngerasa waktu kita lanjut berangkat ke Bogor, rombongan gw ketinggalan kereta di sebuah stasiun yg bentuknya kayak di film Narnia 1 (tau kan?), dan gak diijinkan ikut DM2 sm panitianya krn telat. Gw membuka mata, dan di kamar tempat gw ternyata ketiduran, udah menyusul 2 mbak yg semalem emang ketinggalan kereta bareng rombongan kita.

Sekian.

No comments

Powered by Blogger.